Senin, 21 Februari 2011

10 websites untuk memperkaya kosakata bahasa inggrismu

Oleh YJ. Thurana ( dengan beberapa perubahan kata-kata)

Hal pertama bagi siapapun yang mempelajari bahasa asing adalah kosakata. Tak seorangpun akan mampu menggunakan bahasa tersebut jika tidak mengerti kata-katanya. Ada banyak sumber yang dapat kita gunakan untuk memperkaya kosakata bahasa inggris, dan salah satunya adalah internet.

Ini adalah 10 website yang dapat membantu kita untuk mengembangkan kosakata.

1. Wordsmith (http://wordsmith.org/)
Wordsmith.org adalah satu dari contoh yang lebih baik dari sebuah website sederhana yang menyembunyikan banyak kegunaan dibalik tampilannya. Salah satu layanan nya adalah newsletter harian : satu kata perhari akan dikirim ke inbox mu.

2.Weboword ((http://www.weboword.com/))
Satu kata perhari di ilustrasikan dengan kartun. Jika kalian mempunyai ingatan visual yang baik, kalian tidak akan punya masalah.

3.Wordia (http://www.wordia.com/)
Dari kartun sampai video, pembelajaran visual adalah hal baru dan ini terlihat tak ada perbedaan untuk kamus-kamus. Fungsi wordia seperti kamus biasa tetapi disamping definisi teks, kalian dapat melihat video yang menjelaskan kegunaan dari kata tersebut. Penjelasan video kelihatannya lebih teliti dan lebih mudah untuk dipahami daripada definisi berbentuk teks. Setiap hari kalian dapat mencoba kemampuan dengan vocability (http://www.wordia.com/games), Permainan wordia.

4.Vocab vitamins (http://www.vocabvitamins.com)
pembelajaran kosakata akan memberi dosis dari ‘suplemen kata-kata’ tiap hari pada kotak surat kita dan juga pada website. Kata yang di sajikan tiap hari juga diatur sesuai tema sentral Mingguan.

5.Save the words (http://www.savethewords.org)
Savethewords.org adalah website dengan konsep cantik yang berusaha keras untuk memberi fokus perhatian pada kata yang kurang terkenal pada bahasa inggris.

6.Wordnik (http://www.wordnik.com/word-of-the-day)
wordnik.com mencakup arti melalui contoh kalimat untuk pendengaran audio pronounciation.

7. Phrays http://phrays.com/)
Phrays.com mengambil sebuah pendekatan persaingan untuk membuat kita mempelajari sebuah kata perhari. Setiap hari, sebuah kata ditayangkan dengan artinya pada website ini dan kita harus menulis sebuah kalimat. Kalimat dengan voting pengguna terbanyak yang jadi pemenang.

8.Wordthink http://www.wordthink.com)
Wordthink.com tidak percaya bahwa dalam mempelajari kosakata baru hanya demi belajar. Web ini melewati lebih banyak kata-kata sulit dan menyajikan kosakata yang mungkin digunakan dalam percakapan sehari-hari. wordthink bersumber pada kosakata dari media dan berita.

9. Vocabusi (http://www.vocabushi.com)

10.BBC Learning English (http://www.bbc.co.uk/worlservice/learningenglish/)

BBC’s world service untuk bahasa inggris menyajikan sebuah tempat untuk alat-alat yang dapat kamu gunakan untuk memperkaya kosakata seperti : word in the news, News english extra, and English Up to Date. Cek juga bagian seperti kosakata pada sepakbola, tennis, sains dll.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered by Blogger